Webinar, Layanan Belajar Virtual

Pembelajaran makin berkembang seiring dengan tuntutan zaman dan kebutuhan. Perkembangan teknologi dan komunikasi sangat membuka peluang untuk selalu meningkatkan kemampuan diri dengan berbagai media pembelajaran. Diantara strategi pembelajaran saat ini yang sering dijumpai adalah webinar. Webinar atau web seminar menjadi media belajar yang cukup efektif karena adanya wabah pandemi yang melanda negeri ini.

Webinar membuka peluang dan kesempatan pada setiap individu untuk meningkatkan motivasi diri agar makin akrab dengan teknologi. Insan-insan pendidikan melakukan berbagai inovasi pembelaran melalui webinar. Berbagai manfaat nyata dirasakan para aktivis webinar. Webinar mampu mengedukasi para penggunanya untuk familiar berkarya tanpa dibatasi ruang. Fitur-fitur interaktif dapat menjadi sajian yang menarik bagi audiens. Narasumber pun dituntut untuk selalu mengkases berbagai informasi dan isu terkini sebagai bahan atau materi. “Kondisi saat ini harus memotivasi para pendidik dan aktivis pendidikan memanfaatkan berbagai media belajar untuk meningkatkan kualitas diri, untuk menambah pengetahuan dan sharring pengalaman” papar Rudy Prakanto, S.Pd.,M.Eng yang beberapa kali menjadi pembicara dalam webinar di sela aktivitas bekerja sebagai kepala sekolah SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Selain itu, webinar mampu menunjukkan keunggulan dan kapabilitas penggunanya. Webinar menjadi media praktis ketika sarana dan fasilitas pendukung webinar terpenuhi. Ada beberapa jenis webinar yang dapat menjadi alternatif tergantung format yang diinginkan. Ada webinar khusus untuk mengumpulkan lead, webinar berbayar dan serial webinar. Terlepas dari berbagai jenis webinar itu, semoga semakin meningkatkan pendidikan dan pembelajaran dengan berbasis teknologi.

 

-mr.AJ-