SMA Negeri 8 Yogyakarta Official Site

Hakarya gora anggatra nagara
Address: Jl. Sidobali No.1, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165
Phone: (0274) 513493   |   Email: [email protected]   |   Website: www.sman8yogya.sch.id
Detail BERITA

Siswa SMAN 8 Yogyakarta Wakili DIY di Ajang Internasional WSDC 2018

Siswa SMAN 8 Yogyakarta Wakili DIY di Ajang Internasional WSDC 2018

02 April 2018 Administrator Dibaca : 559 Kali

Siswa SMAN 8 Yogyakarta, Muhammad Zufar Farhan Zuhdi menjadi satu-satunya perwakilan DIY yang akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC) 2018 bersama empat perwakilan Tim Debat Indonesia lainnya di Zagreb, Kroasia pada Juli mendatang.

WSDC merupakan kompetisi global untuk tim debat SMA internasional.

 Tim dari seluruh dunia akan berkumpul dalam pertempuran pikiran dan membahas 13 topik berbeda yang dibuat oleh panel pakar debat internasional.

Kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 50 negara ini bukan hanya sebuah kompetisi saja, namun juga sebuah forum untuk siswa terbaik dan cerdas.


Selain SMAN 8 Yogyakarta, Tim Debat Indonesia diwakili  dari SMA Pelita Harapan Jakarta, SMAK 1 Penabur Jakarta, SMA Sutomo 1 Medan dan SMA Kristen Immanuel Pontianak.

Sebelum lolos hingga tahap Internasional, Zuhdi harus mengikuti seleksi mulai dari tingkat kota.

"Tahapnya itu ikut seleksi kota dulu tahun 2016, Alhamdulillah juara 1. Trus provinsi tahun 2016 juara 1 lagi. Mewakili DIY seleksi nasional 2018 juara 1 terus lolos ke Internasional," ujar Zuhdi, Jumat(16/3/2018).

Selain itu, beberapa prestasi Zuhdi lainnya yakni Champion and 1st Best Speaker of NSDC Yogyakarta Province 2017 dan EFL Champion of PDA High School Parliamentary Debate World Congress in Osaka, Japan 2017.


Menjelang WSDC yang akan digelar pada Juli mendatang, sejauh ini Zuhdi tengah sibuk mempersiapkan lomba dengan mengikuti latihan rutin bersama Tim Debat Indonesia.

"Kesibukan sekarang ikut pelatihan untuk Juli nanti, setiap bulan kami ada latihan dua kali di Jakarta," lanjut dia.

Selain sibuk mempersiapkan lomba di Kroasia nanti, Zuhdi menuturkan saat ini dirinya juga tengah sibuk mempersiapkan UNBK, mengingat saat ini dirinya tengah duduk di bangku kelas XII SMA.

"Sama persiapan UN ngejar ketinggalan mata pelajaran pas ikut persiapan debat kemarin. Jadi ini lagi ngejar materi sekolah sama latihan debat," papar Zuhdi.

Pada komptisi WSDC 2018 nanti, dirinya berharap Tim Debat Indonesia dapat menjadi juara dan mengharumkan nama Indonesia.

"Semoga kami berhasil membawa pulang juara, karena lawannya bagus-bagus dan mereka (lawan) sudah sering menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Tapi yang paling penting itu pengalaman dan pengetahuan yang kami dapatkan," tukasnya

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com  




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks