SMA Negeri 8 Yogyakarta Official Site

Hakarya gora anggatra nagara
Address: Jl. Sidobali No.1, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165
Phone: (0274) 513493   |   Email: [email protected]   |   Website: www.sman8yogya.sch.id
Detail BERITA

Setelah Menang Lomba DELF  Siswa SMAN 8 Yogyakarta Enrico Ardhana Putra Dapat Tiket ke Prancis Gratis

Setelah Menang Lomba DELF Siswa SMAN 8 Yogyakarta Enrico Ardhana Putra Dapat Tiket ke Prancis Gratis

01 Juni 2018 Admin2 Dibaca : 317 Kali

, Siswa SMAN 8 Yogyakarta mendapat hadiah belajar ke Prancis selama dua minggu setelah menang Lomba Sertifikasi Bahasa Prancis DELF B1.

Kompetisi DELF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis) yang digelar oleh Institut Francais Indonesia ini diikuti oleh siswa tingkat SMA maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Enrico mampu bersaing dan mengharumkan nama SMA 8 Yogyakarta dan IFI Yogyakarta tempat ia belajar Bahasa Prancis dengan pengajar yang terdidik.

Dalam kompetisi ini Enrico menjadi pemenang dari kategori DELF B1 atau tingkatan mencukupi.

Tingkatan ini memiliki kriteria mampu berinteraksi, dapat menghadapi situasi yang tak terduga dalam kehidupan sehari-hari dan mampu memahami informasi berita.

Bisa mengunjungi Prancis adalah keinginannya.

Enrico mengatakan, bahasa Prancis lebih bermanfaat bagi dirinya yang ingin mendalami ilmu ekonomi dan hubungan internasional, di mana bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa resmi PBB.

Dia memang berencana untuk kuliah di Prancis dan memilih bidang studi seperti politik, ekonomi atau manajemen.

"Bahasa Prancis tergolong mudah untuk dipelajari karena menggunakan huruf latin dan banyak kata yang mirip dengan bahasa Inggris," ujarnya.

Ia pun menyarankan agar selain menguasai Bahasa Inggris, lebih baik belajar bahasa yang dirasa paling manarik dan dan memiliki prospek yang baik untuk digunakan pada masa yang akan datang.

"Dalam kasus saya, karena saya berniat berkuliah di Prancis maka saya memilih untuk belajar bahasa Prancis dan saya juga memilih untuk belajar bahasa Mandarin karena memiliki ketertarikan yang besar pada dunia oriental," tambahnya.

Adapun selain Enrico, pemenang kategori lomba lainnya Delf A2 (tingkat survive) dan DELF B2 (tingkat mandiri / lanjutan) diraih oleh Teuku Ridho Incussy dan Fitria Ramadhani masing-masing dari Jakarta.

Eno Dewati, selaku Responsable de Culture et Communication IFI Yogyakarta mengatakan ketiga orang pemenang yang terpilih bukan hanya akan diberangkatkan ke Prancis gratis, tapi juga akan mengikuti Summer Course selama dua minggu di Cours d’été Nancy, Prancis.

Ia menerangkan, Nancy merupakan ibu kota gaya Art Nouveau, kota dengan warisan arsitektur yang kaya dari abad kedelapan belas yang mana Nancy terdaftar dalam daftar warisan dunia UNESCO.

"Mereka akan diajarkan bahasa Prancis oleh para profesor universitas yang mengkhususkan diri dalam mengajarkan bahasa Prancis kepada penutur non-pribumi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap agar penghargaan yang telah diraih para pelajar tersebut dapat dijadikan motivasi dan pengalaman untuk meraih prestasi lebih tinggi.


 




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks