Detail BERITA

Prananda Atha Yudanto dan Zalsabila Purnama Raih Medali Emas OPSI 2018

Prananda Atha Yudanto dan Zalsabila Purnama Raih Medali Emas OPSI 2018

15 Nopember 2018 Sumarjiono, S.Pd. Dibaca : 286 Kali

Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sesuatu yang unik. Hal ini pula yang menginspirasi 2 siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta melakukan penelitian terkait keistimewaan DIY terutama yang berhubungan dengan keberadaan Kraton Ngayogyakarta. Berawal dari mengamati fenomena yang terjadi pada status tanah Sultan Ground yang ditempati oleh sebagian warga Yogyakarta. Bersamaan dengan proses identifikasi dan verifikasi tanah Kraton Yogyakarta yang mengacu pada UU nomor 13 Tahun 2012 yang merupakan undang-undang tentang keistimewaan Yogyakarta.

Berbagai permasalahan birokrasi yang timbul dalam proses identifikasi dan verifikasi tersebut maka  Prananda Atha Yudanto kelas XII MIPA 1 dan Zalsabila Purnama kelas XII IPS menciptakan aplikasi pendataan tanah yang disebut Bejawi. Bejawi singkatan dari Bebayaran Bhumi Djawi. Penelitian dilakukan di daerah Balapan RW 14, Kliter, Gondokusuman yang sedang diadakan proses identifikasi dan verifikasi. Penelitian tersebut akhirnya membuahkan hasil meraih medali emas dalam bidang Ilmu Sosial Humaniora pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ke-10 yang dilaksanakan 15-20 Oktober 2018 di Semarang oleh Kemendikbud. OPSI diikuti 129 siswa dari 30 provinsi seluruh Indonesia. Dari 105 judul penelitian meliputi Matematika Sains Teknologi, Fisika Terapan dan Rekayasa, serta Ilmu Sosial Humaniora.

“Minimnya narasumber dan waktu penyelesaian aplikasi yang lama serta kompleks menjadi kendala yang dihadapi,’ ujar Prananda dan Zalsabila. Harapan mereka aplikasi ini segera mendapat hak paten dan bermanfaat bagi masyarakat. Rudy Prakanto, S.Pd., M.Eng selaku Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta ingin menjadikan prestasi seperti ini sebagai tradisi di sekolah yang akan selalu dilanjutkan oleh siswa-siswi yang lain. ~AJ_delayota~




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks

SMAN 8 Yogyakarta VOTES

Apkah website ini bagus?





Lihat Hasil

BANNER

TAUTAN

SIM ADASI

PRESTASI

  • Chesa dan Lila Persembahkan Medali Emas LKIR 2018
  • Prananda Atha Yudanto dan Zalsabila Purnama Raih Medali Emas OPSI 2018


KATEGORI


ARSIP 2019

YAHOO MESSANGER