Welcome To SMA Negeri 8 Yogyakarta | DELAYOTA

Login Member

Register | Forgot password?
16 April 2014
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Photos Photo Lainya
Menurut anda,konten apa yang paling menarik dari web ini?
Headline News
Info Sekolah
Gallery video & Foto
Forum Web
Download materi
Tidak ada
  Lihat
  Visitors : 850476 visitors
  Hits : 523 hits
  Today : 275 users
  Online : 10 users
Administrator: anas.irfan16
Waka Kurikulum: hajarwati130368
Waka Kesiswaan: joko_tph
Waka Humas: delayota
Waka Sarpras: suhardi_hardi
f t

Satu Lagi,Delayota Juara Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional

Tanggal : 12/15/2012, 15:38:47, dibaca 737 kali.

Seiring matahari bersinar pancarkan semangat menapaki hari-hari. Senin, 26 November 2012 pukul 06.00 WIB duduk seorang siswa di ruang tunggu bandara Adisucipto Yogyakarta, sebuah jas almamater biru muda dengan tulisan SMA Negeri 8 Yogyakarta membungkus tubuhnya. Diantara kendaraan yang datang silih berganti terjadi pembicaraan yang akrab dengan sang guru sambil menantikan kedatangan seseorang. Tak selang lama datang 2 siswi diantar orang tua masing-masing. Hari itulah dimulai perjalanan dari Yogyakarta menuju Bogor untuk berkompetisi meraih prestasi dalam lomba bergengsi karena baru pertama kali dilaksanakan di tingkat nasional. Lomba Debat Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta 26 November sampai 1 Desember 2012.


Hari itu juga tim debat Bahasa Indonesia dari SMA Negeri 8 Yogyakarta terdiri Riyo Pungki Irawan kelas XI IPA 5, Tika Nilamsari kelas XI IPS dan Arifah R Hasanbasri kelas XB yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti rangkaian lomba di Hotel Safari Royal Garden, Bogor didampingi guru Bahasa Indonesia, Sumarjiono, S.Pd. “Rawe-rawe rantas malang-malang putung, Pelajar Yogyakarta Pelajar istimewa…” pekik mereka bertiga ketika menampilkan yel-yel dari masing-masing provinsi dalam acara pembukaan.


Perjuangan dimulai hari kedua dan ketiga dalam babak penyisihan. Masing-masing tim harus bertanding selama 5 ronde dan tim Pakci Delayota menjadi satu-satunya tim yang tidak pernah terkalahkan sehingga menumpulkan poin 5. Beberapa mosi/topik yang diberikan mampu dipertahankan oleh tim baik ketika menjadi pihak pemerintah atau opisisi. Waktu 30 menit sebelum debat dimulai dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tim untuk membangun argumen. Beberapa topik yang diberikan selama debat meliputi bidang politik, sosial, ekonomi, pendidikan dan pengetahuan umum.


Saya melihat motivasi anak-anak sangat tinggi didukung dengan kemampuan kebahasaan secara individu dan wawasan yang luas serta tidak segan-segan untuk bertanya menambah referensi memantapkan penampilan mereka di setiap ronde,” ungkap Sumarjiono. “Selama babak penyisihan saya tidak bisa mengamati secara langsung karena terpilih diantara guru pendamping untuk mejadi juri, baru ketika semifinal dan grandfinal bisa memberikan support secara langsung “ tambahnya.


Lawan terberat kami rasakan pada saat melawan tim Bali dalam babak semifinal, mereka tampil rapi tapi Alhamdulillah berkat ridho Allah SWT, doa bapak, ibu guru, orang tua di rumah dan teman-teman serta ikhtiar kami dapat memberikan yang terbaik diantara 33 tim dari seluruh provinsi di Indonesia,” ungkap Tika yang tak kuasa menahan derai air mata haru ketika diumumkan menjadi juara 1 mengalahkan tim Kalimantan Timur. Pada usai puncak grandfinal diserahkan penghargaan bagi para juara. Juara 1 berhak mendapat medali emas dan uang penghargaan sebesar Rp 15.000.000,00. Juara 2 medali dan uang pembinaan Rp 12.000.000,00 dan juara 3 mendapat medali serta uang pembinaan Rp 9.000.000,00.


Selain diberikan hadiah untuk juara debat juga dipilih 10 pembicara terbaik. Riyo Pungki irawan menjadi pembicara terbaik 1 dan Tika Nilamsari menjadi pembicara terbaik 5 serta masing-masing mendapat medali emas ditambah uang pembinaan Rp 1.500.000,00. “Rasa lelah terhapus oleh sebuah kepuasan dan kebanggan memberikan yang terbaik bagi semua yang telah mendukung kami,” ujar Riyo di sela-sela menerima ucapan selamat dari peserta yang lain. Semoga prestasi ini mampu melengkapi goresan tinta emas yang sudah dituliskan siswa-siswi SMA Negeri 8 Yogyakarta sebagai bukti bahwa siswa Delayota memang unggul dalam mutu. PAKCI…..JAYA….!!!


LIHAT FOTO PEJUANGAN TIM DEBAT DELAYOTA


Writen by: Pak Sumarjiono




Share This Post To :

Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :