Bangkitkan Negeri Melalui Peringatan Kemerdekaan RI


Semarak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerekaan Republik Indonesia ke-76 masih terasa di seanteri negeri. Euforia semangat Nasionalisme untuk berpartisipasi dalam momentum peringatan ini dibangun semua pihak. Instansi pemerintah, swasta, lembaga masyarakat dan personal berusaha meneguhkan diri turut andil dalam kemeriahan peringatan kemerdekaan RI di tengah perjuangan untuk lepas dari wabah pandemi yang masih mencengkeram sendi-sendi kehidupan berbangsa. Peran media sosial sangat berarti dalam memprovokasi  kelesuan sebagian masyarakat yang merasa terhimpit oleh situasi. Gerakan untuk segera bangun melawan kondisi yang seolah tak diketahui ujung berakhirnya. 

Persoalan bangsa ini akibat pandemi telah mendera lebih dari 2 tahun. Semangat untuk bangkit dan pulih sesuai dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 bahwa Tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang diangkat pada 2021 ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah. Selain tema aada penekanan pencapaian yang diharapkan dalam peringatan kemerdekaan tahun ini yang muncul melalui logo. Adanya stabiltas pembangunan yang dilambangkan dengan  'kepala Garuda'  sebagai jiwa Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. Gerak pertumbuhan sebagai harapan segera ada percepatan ekonomi. Ruang kebersamaan sebagai wujud demokrasi untuk rakyat turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang berkesinambungan. Wujud persatuan bangsa pun tampak dalam logo peringatan.

Upaya untuk menumbukan semangat nasionalisme dalam peringatan kemerdekaan ini menjadi tanggung jawab bersama. Berbagai bentuk partisipasi masyarakat pun dapat kita simak dalam unggahan media sosial maupun kegiatan di masyarakat. Dari hal yang sederhana pengibaran bendera di rumah-rumah, pelaksanaan upacara di setiap instansi, lembaga maupun komunitas, kreativitas twibbonise, lomba-lomba yang dilaksanakan secara virtual. Kegiatan itu bagian dari penanaman sikap untuk mencintai negeri ini. Puncak peringatan HUT RI secara nasional melalui upacara pengibaran bendera dalam momentum detik-detik proklamasi yang diapresiasi oleh seluruh bangsa. Putera-puteri terbaik bangsa sebagai pasukan pengibaran bendera oleh Tim Tangguh dan penurunan bendera oleh Tim Tumbuh merupakan wujud semangat anak bangsa untuk memberikan yang terbaik pada negara. Selayaknya kita sebagai warga negara senantiasa turut serta berperan aktif sesuai kapasitas masing-masing. Mari kita ingat sebuah kalimat yang sangat inspiratif "Jangan tanyakan apa yang diberikan bangsa ini untuk kita namun mari tanyakan kita sudah berikan apa untuk bangsa ini?". Salam Merdeka....!!!!

                                                                                                Penulis : Sumarjiono, S,Pd., Laskar Pejuang Pena

sumber gambar : klik disini