Bekal(i) Siswa Siap Ujian


Ujian selalu mendatangkan kegalauan bagi pesertanya. Kekhawatiran, kecemasan, keraguan sering dirasakan oleh peserta ujian. Tidak hanya siswa namun orang dewasa pun sering merasa galau ketika akan menghadapi ujian. Maka tidak aneh jika seorang siswa merasakan kegalauan itu menjelang ujian. Kondisi itu tidak bisa dibiarkan dan jangan dianggap remeh. Ujian merupakan salah satu rangkaian yang dihadapi siswa sebelum nantinya diyatakan lulus jenjang pendidikan tertentu.

Kegiatan ujian yang dselenggarakan sebelum pandemi sering mendatangkan rasa bimbang pada siswa apalagi ujian online seperti saat ini. . Selayaknya siswa memiliki kepercayaan diri sebelum menghadapi ujian. Rasa percaya diri akan muncul seiring dengan penguasaan materi yang akan diujikan. Berbagai persiapan pasti sudah dilakukan oleh siswa. Mulai dari belajar mandiri sampai dengan tambahan pembelajarn melalui bimbingan belajar baik yang klasikal mauun privat. Bimbingan belajar secara offline maupun online. 

Ada beberapa tips secara teknis yang sebaiknya dilakukan siswa menjelang ujian. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah membuat catatan jadwal ujian, mulai dari hari, tanggal, jam, mata pelajaran, dan yang lain secara mendetail. Pastikan persiapan belajar sesuai mata pelajaran yang sesuai dengan yang akan diujikan esok hari. Bila perlu membuat rangkuman materi yang diajarkan oleh guru. Perlu mengetahui waktu ujian dimulai serta durasi pengerjaan.

Pembelajaran jarak jauh alias online pasti membuat siswa sering bangun siang. Hal ini jangan sampai menjadi kebiasaan yang diteruskan menjelang ujian apalagi jika sudah ujian. Berlatih bangun pagi. Jika perlu pakai alarm di gadget sebagai alat untuk membangunkan. Kebiasaan bangun pagi ini juga penting, agar lebih siap menghadapi ujian; tidak terburu-buru dan memiliki waktu untuk menyiapkan segala keperluan selama ujian berlangsung.

Ujian saat ini digelar secara online, maka perlu disiapkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan soal-soal ujian. Pilihlah tempat di rumah yang jauh dari gangguan suara serta mendapat pencahayaan yang baik. Dengan demikian, siswa bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian nantinya. Satu satu hal yang penting adalah pastikan akses internet stabil di rumah. Jangan sampai lebih sibuk cari jaringan internet ketimbang mengerjakan soal ujian. Jika ada yang tidak menggunakan wi-fi, pastikan kuota internet cukup selama ujian.

Selain gadget, siswa juga perlu menyiapkan hal-hal lain yang diperlukan selama ujian, misal charger, kertas atau buku, dan alat tulis. Siapkan semuanya di meja agar tidak perlu mencari kemana-mana. Itu kadang diabaikan. Padahal itu amat penting. Tentu saja ujian online akan sangat berbeda dengan ujian secara offline. Pihak sekolah pasti akan membuat aturan-aturan yang disesuaikan dengan ujian secara online. Maka, penting sekali bagi siswa untuk membaca secara detail dan cermat setiap poin aturan ujian. Jika kurang jelas, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada guru.

Kerjakan soal ujian dengan teliti. Baca perintah dan soal dengan teliti. Siswa dalam mengerjakan soal jangan terburu-buru. Setelah semua soal dikerjakan, jangan lupa teliti kembali jawaban-jawaban itu. Selain itu semua ada baiknya sebelum ujian para siswa meminta maaf dan meminta doa restu dari orang tua serta bapak, ibu guru. Sukses bersama hebat semua.

                                                                                                      Penulis : Sumarjiono

                                                                                                      Laskar Pembelajar dan  Praktisi Jurnalistik