Buku Tahunan Sekolah Goresan Kenangan Indah


"Setiap detik waktu yang kita jalani yang akhirnya  berlalu dalam hidup ini sangat berharga. Begitu pula pilar-pilar kenangan yang berisi kisah indah, cerita canda tawa yang kadang berbalut duka membuat kita lebih menghargai sebuah kehidupan. Maka, jangan biarkan ia lepas begitu saja tanpa satu peninggalan yang akan memberi arti dalam hidup ini."

Kenangan merupakan peristiwa yang selalu diingat dan sulit dilupakan. Setiap orang memilik kenangan dalam perjalanan hdupnya. Ada banyak cara untuk mendokumentasi kenangan yang dialami. Apalagi saat ini berbagai fasilitas media sosial pun menjadi sarana untuk mencatatkan kenangan. Adapula sebagian oramg yang tidak ingin kenangan  dirinya dipublikasikan sehingga memilih media lain untuk mengabadikannya.. Salah satu media dokumentasi yang saat ini diaggap masih diakui zaman adalah buku tahunan atau year book.

Buku Tahunan Sekolah (BTS) seolah menjadi sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Apalagi kalangan pelajar yang hanya memiliki waktu kebersamaan yang terbatas. Pada akhirnya akan pergi saling meninggalkan untuk menggapai dan mewujudkan harapan. Berbagai kenangan akan menjadi saksi cerita di masa depan. Peristiwa masa lalu yang terabadikan dalam bingkai foto akan menjadi saksi cerita peristiwa yang pernah ada. 

Hanya buku tahunan sekolah yang dapat menciptakan nostalgia dan mengabadikan kenangan indah semasa sekolah. Setiap halaman buku tahunan sekolah menyimpan aktivitas, wajah, dan ucapan selama tahun sekolah. Seluruh kisah tergambar melalui foto dan kata yang dapat ditelusuri kembali. Buku Tahunan Sekolah yang unik berisi hal-hal seru yang menarik. Entah peristiwa suka maupun duka masing-masing siswa maupun kejadian di  kelas bersama guru dapat menjadi inspirasi cerita. Konsep dasar buku tahunan, tema, foto event termasuk data guru dan siswa menjadi komponen utama dalam pembuatan BTS. Bahkan saat ini seolah ada kompetisi yang tersamarkan baik setiap angkatan kelulusan di sekolah maupun antarsekolah. Sehingga tidak heran banyak penyedia jasa/vendor pembuatan BTS ini. 

Ada sebagian siswa yang menganggap bahwa BTS bagian identitas suatu sekolah apalagi kalau sampai beredar dan terbaca di luar sekolah. Kreativitas siswa dalam angkatan kelulusan sekolah itu berupaya memberikan kenangan berupa BTS yang mewakili kondisi dan perasaan yang dibingkai dalam nilai seni yang tinggi. Wajib diingat bagi para siswa bahwa BTS memang bermakna namun jangan sampai memberatkan dalam proses pembuatannya. BTS menumbuhkan kebanggan terhadap almamater. Namun yang terpenting adalah BTS dapat menjadi pengingat setiap siswa untuk berkarya pada masanya. Bagaimana dengan Anda, seperti apa BTS pada masa Anda? :)

                                                                                                              Penulis: Sumarjiono, S,Pd, Del's teacher