Daftar Ulang Peserta Didik Baru Utamakan Kesehatan


Pengumuman hasil seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru di masa pandemi ini mengisahkan cerita tersendiri bagi sekolah penyelanggara maupun siswa. Pengumuman PPDB SMA, SMK, MA negeri yang menggunakan sistem seleksi Real Time Online serentak disampaikan Jumat, 3 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Sebagian besar sekolah menyampaikan hasil penguman secara online melalui website sekolah serta ditempel pada papan pengumuman di sekolah masing-masing. Usai pengumuman hasil seleksi, peserta didik baru melakukan daftar ulang ke sekolah pilhan diterima. Sekolah memiliki kebijakan tersendiri dalam proses dafar ulang sesuai dengan kondisi yang terjadi. 

"Kegiatan daftar ulang ini untuk melayani 288 siswa yang dinyatakan diterima, meskipun orang tua dan siswa datang ke sekolah namun tetap dalam protokol prosedur kesehatan pencegahan penyebaran covid 19, begitupun dengan personil yang memberi pelayanan dari sekolah," jelas Slamet Nugroho, S.Pd. wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sambil memberi pengarahan dalam pelaksanaan daftar ulang peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 8 Yogyakarta di indoor lapangan basket.

Pihak sekolah pun memahami masih adanya beberapa persayaratan daftar ulang yang belum tersedia dari SMP seperti ijazah. "Kegiatan daftar ulang ini yang penting peserta didik baru yang dinyatakan diterima sudah tercatat selanjutnya proses daftar ulang untuk kelengkapan berkas akan dilaksanakan selama dua hari pekan depan yaitu Senin, Selasa dengan sistem dibagi sesi pagi dan siang hari," tandasnya.

Kegiatan daftar ulang dengan hadir di sekolah dapat menumbuhkan kecintaan dan kelegaan peserta didik pada sekolah pilihan yang menjadi harapannya. Selain itu sebagai obat kerinduan peserta didikpada sekolah yang hampir 3 bulan ini melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring). "Senang rasanya masuk sekolah lagi dan bertemu dengan guru serta sesama siswa meski saat ini belum banyak yang dikenal," kata Afwan Khaliq, salah satu peserta didik baru yang melaksanakan daftar ulang hari itu.

~mr.AJ~