Delayota Dukung Jogja International Batik Biennale 2021


Jogja International Batik Biennale (JIBB) yang telah resmi dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu. Agenda dua tahunan ini, untuk pelaksanaan tahun 2021 mengusung tema Borderless Batik. Salah satu rangkaian kegiatanya berupa JIBB Goes to School. SMA Negeri 8 Yogyakarta terpilih sebagai salah satunya. 

Kegiatan JIBB Goes to School di SMA Negeri 8 Yogyakarta dilaksanakan pada Senin, 23 Agustus 2021. "JIBB 2021 karena masih dalam masa pandemi diikuti 7 peserta, 1 guru, dan 2 mahasiswa PPL dari UNY," jelas Agung Dwi Raharjo, Guru Seni Budaya secara terpisah usai pendampingan kegiatan. Rangkaian kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB setelah peserta berkumpul di gazebo sekolah. Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi dasar membatik oleh mentor. Peserta menjiplak motif batik di kain yang sudah disiapkan. Motif batik, kain, canting dan alat-alat lainya sudah disediakan oleh panitia JIBB. Setelah selesai menjiplak motif peserta mulai proses menutup gambar dengan canting dan malam. 

Peserta antusias mengikuti kegiatan membatik. Salah satu peserta, Gading Aulia siswi kelas XI IPS merasa sangat berkesan mengikuti kegiatan tersebut. "Senang rasanya ikut kegiatan ini, selain menjadi penghilang suntuk karena selalu di rumah, bisa bertemu dengan pakar batik sekaligus belajar belajar membatik," ungkap Gading dengan wajah berbinar. Semoga batik bisa tetap lestari  di masa depan dan generasi muda bangga memakai batik.

Kontributor : Sumarjiono