Delayota Raih Juara 2 Musikalisasi Puisi antarSMA/MA se-DIY


Musikalisasi puisi merupakan karya seni yang membutuhkan paduan harmonis antara musik dengan isi puisi, Penghayatan dalam iringan suara musik dipadukan dengan larik puisi supaya bisa menjadi satu jiwa didukung dengan ekspresi pelantunya. Tim Paduan Suara SMA Negeri 8 Yogyakarta berhasil meraih juara kedua lomba Musikalisasi Puisi Virtual antar-SMA/MA se-Provinsi DIY, yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.   Tim Delayota sebagai vokalis Ghaida dan Akaru, Alvin ( gitaris ),  Fajar ( Kajon ), Joe Meilyta ( Biola ) dan Gabriel ( keyboard ).

Lomba musikalisasi puisi virtual diadakan di tengah masa pandemi. Seleksi lomba pun dilakukan dengan mengirimkan karya secara online. "Masih dalam masa PPKM jadi pengumpulan videonya diundur sampai 24 Agustus 2021," kata Herpi Nurbojati salah satu pendamping ekstra kurikuler paduan suara. 

Melalui proses latihan di tengah keterbatasan masa PPKM itu tidak mengendorkan semangat para siswa untuk berkarya. Proses awalnya dari dua puisi wajib dan pilihan dari panitia, dibuat lagu serta aransemen vokal dan musik.  "Latihan diawali secara daring, mereka diberi contoh rekaman lagu vokal dan musik iringan, partitur vokal dan partitur semua jenis alat musik, materi tersebut dipelajari di rumah setelah itu latihan gabung mulai 26 Juli sampai 10 Agustus dilanjutkan take video oleh Tim Produksi Delayota dan pengumpulan video ke panitia," jelas Dra. Hernita Desiasni, selaku pelatih. Semoga tim musikalisasi Delayota akan terus ada dan semakin eksis untuk selalu berprestasi, imbuh Hernita penuh semangat.

Kontributor: Sumarjiono