Florentina Rachel Raih Prestasi Peringatan Hari Kartini


Peringatan Hari Kartini selalu memberi warna pada pertengahan bulan April. Ada banyak cara untuk mengenang perjuangan sosok pahlawan perempuan ini. Perjuangan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia melalui emansipasi wanita selayaknya mendapat apresiasi dari generasi ke generasi. Hal ini pula yang memotivasi Florentina Rachel siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Yogyakarta untuk mengikuti lomba esai peringatan Hari Kartini.

Lomba diselenggarakan oleh Dharma Pertiwi Koorcab DIY dalam peringatan Hari Kartini tahun 2021. Panitia Hari Kartini DIY terdiri dari 5 komponen organisasi wanita di DIY. Dharma Pertiwi sebagai Leading Sector peringatan Hari Kartini tahun 2021. Lomba menulis cerita tentang "Kartini Masa Kini" dilaksanakan 8 sampai 16 April 2021. Naskah cerita dikirim dalam bentuk soft file melalui email. 

Pengalaman pertama Florentina mengikuti lomba menuntut usaha yang keras. Tekad kuatnya untuk memberikan yang terbaik bagi SMA Negeri 8 Yogyakarta membuatnya semakin bersemangat dalam menulis cerita/esai. "Saya tertarik dengan tema "Kartini Masa Kini", langsung mengajukan diri untuk mengikuti lomba tersebut kemudian searching seluk beluk esai di internet mematangkan pemahaman bentuk, bahasa, tujuan, dan strukturnya, apalagi ini pertama kalinya saya menulis esai untuk dilombakan." ujar Florentina.

Proses penulisan esai dilakukan dengan sungguh-sungguh didukung berbagai referensi sebagai sumbernya. Apalagi di dalam kriteria lomba harus memuat pendapat tentang sosok Kartini Masa Kini, langkah nyata apabila dinobatkan sebagai sosok Kartini Masa Kini dan nilai-nilai yang harus diterapkan untuk masa depan nanti. Setelah membuat tulisan juga melakukan bimbingan penulisan dengan guru. "Anaknya memang tekun dan antusias mengikuti lomba, selalu semangat merevisi apabila ada kesalahan tulisan," jelas Dyah Ayu KS guru Bahasa Indonesia kelas XI  selaku pembimbing.

Proses lomba dilalui sesuai aturan yang diinformasikan. "Bagian yang paling mendebarkan ketika presentasi meskipun melalui aplikasi zoom namun berubah menjadi kelegaan saat pengumuman dewan juri menyatakan saya sebagai juara 1," tambah Florentina dengan wajah berbinar bangga. Sebuah karya dari siswa ini sebagai  bukti nyata sosok Kartini telah menginspirasi bahwa perempuan mampu berprestasi. Kartini-Kartini masa kini semoga akan bermunculan di kemudian hari berbakti untuk negeri. 

Kontributor : Sumarjiono, S.Pd.