Jurnalis Ajak Siswa Delayota Menulis


Peran media sangat besar dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan beragam situasi. Tantangan jurnalis menjadi sebuah motivasi untuk memberikan informasi sekaligus edukasi pada masyarakat pembaca. Hal inilah dibutuhkan jurnalis yang memiliki inovasi sekaligus multitalenta agar mampu bertahan dengan derasnya arus informasi serta perkembangan teknologi komunikasi.

Materi utama di atas merupakan poin yang dibahas dan kupas tuntas dalam sesi Delayota Character and Creativity Building bertajuk "Merdeka Menulis Bijak Bermedia". Menghadirkan alumni Delayota angkatan 2018 Noristera Pawestri selaku Jurnalis dan Host Harian Tribun Jogja serta Melati Mewangi Jurnalis sekaligus Wartawan Kompas Jakarta yang berbicara melalui Zoom meeting. Hadir pula Najma Alya Jasmine siswa kelas XII tahun 2020/2021 selaku penulis buku dan Jurnalis Kaca di harian Kedaulatan Rakyat. "Berbagi ilmu sekaligus berkarya untuk almamater SMA Negeri 8 Yogyakarta merupakan kebahagiaan tersendiri dan waktu yang dinanti, apalagi masuk sebagai siswa Delayota adalah prestasi," kata mereka bertiga kompak dan semangat.

Talkshow yang dikemas webinar menarik antusias peserta didik baru yang dipandu oleh Sumarjiono,S.Pd sebagai host, guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 8 Yogyakarta yang pernah menjadi penulis buku, kolumnis berbahasa Indonesia di Kedaulatan Rakyat dan berbahasa Jawa Djoko Lodhang. Diskusi ringan namun berbobot karena memberikan pengetahuan baru kepada siswa baru seputar penulisan berita, feature dan profil. "Melalui sesi ini berharap mampu membentuk jurnalis muda Delayota yang nantinya dapat mengibarkan panji-panji pena untuk mengungkapkan fakta dan realita," ujar host.

~MRJ~