Koperasi Realisasi Demokrasi di Sekolah


SMA Negeri 8 Yogyakarta sebagai lembaga pemerintah yang memberi layanan pendidikan senantiasa mengembangkan berbagai potensi untuk siswa maupun guru. Koperasi merupakan salah satu program di dalam lingkungan sekolah sebagai wujud demokrasi dengan azas kekeluargaan yang beranggoatan guru dan karyawan. Ada dua jenis koperasi yang diselenggarakan di sekolah yaitu koperasai konsumsi dan simpan pinjam. 

Koperasi konsumsi merupakan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari berupa barang-barang  sedangkan koperasi simpan pinjam memenuhi peminjaman untuk modal usaha. Anggota koperasi terdiri dari guru dan karyawan yang masih aktif bekerja maupun sudah purna karya. Di sinilah terasa eratnya kekeluargaan karena menjadi sarana untuk berkomunikasi. Pada tahun ini bersamaan dengan pergantian pengurus maka tetap diadakan rapat anggota dan pemilihan pengurus secara daring melalui aplikasi Whattsapp dan Google form. 

"Setiap anggota memiliki hak untuk memilih dan dipilih, silakan gunakan hak Anda untuk memilih pengurus supaya koperasi kita semakin maju dan bermanfaat," imbau Jon Supriyadi selaku ketua melalui chat whattsapp. Selamat kepada anggota yang terpilih menjadi pengurus untuk periode 2021-2024. Semoga koperasi SMA Negeri 8 Yogyakarta semakin maju, berkembang dan bermanfaat untuk anggota serta masyarakat seitar.

 

Kontributor : Sumarjiono, S.Pd.