Munaslub Ikapakci Alumni Delayota


Tahun pelajaran 1977 SMPP 10 Yogyakarta ditunjuk oleh Depdikbud menjadi sekolah Pradiseminasi untuk sistem pengajaran dengan modul. Pada tahun pelajaran 1980/1981, nama SMPP 10 Yogyakarta semakin terkenal dalam masyarakat. Akibatnya animo untuk masuk SMPP 10 Yogyakarta semakin besar.

Pada tahun pelajaran 1982/1983 SMPP 10 Yogyakarta mendapat kepercayaan Dekdikbud untuk melaksanakan sistem belajar tuntas (mastery Learning) pendekatan seluruh kelas (pada waktu itu jumlah kelas 12 buah, masing-masing tingkat 4 kelas). Tahun pelajaran 1985/1986 terjadi perubahan nama SMPP 10 Yogyakarta menjadi SMA 8 Yogyakarta. Pada tahun ini juga diberlakukan kurikulum 1984 dengan penjurusan di kelas dua dengan 4 program pilihan yaitu A1 untuk program IPA, A2 program Biologi, A3 program IPS dan A4 program ilmu pengetahuan Bahasa.

Riwayat singkat SMA Negeri 8 Yogyakarta yang dulu bernama SMPP 10 Yogyakarta merupakan bukti sejarah yang menunjukkan usia perjalanan melahirkan lulusan-lulusan sebagai alumni yang tersebar di seluruh negeri bahkan luar negeri. Menyatukan alumni-alumni yang tersebar untuk memberikan kontribusi nyata pada perkembangan SMA Negeri 8 Yogyakarta merupakan tujuan diadakannya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 19 Desember 2020.

"Munaslub ini dilaksanakan secara online di sekolah menggunakan aplikasi Zoom meet yang diikuti peserta dari dalam dan luar negeri," jelas Nunik Sri Ritasari selaku wakil kepala sekolah urusan humas di sela pendampingan tersebut. Munaslub ini merupakan agenda yang sudah direncanakan untuk mengesahkan AD dan ART alumni, tambahnya. Secara simbolis penyerahan AD dan ART dilakukan oleh Ir. Bambang Priatmono dan diterima Drs. Sutrisno Untoro sebagai Ketua Ikatan Alumni Pakci Delayota yang saat ini menjabat Komisaris Besar Polisi. 

Apresiasi positif diberikan oleh alumni berbagai angkatan yang mengikuti secara daring. Alumni berkomitmen bersama sekolah berupaya memberikan kontribusi aktif untuk mendukung proses pembelajaran di SMA Negeri 8 Yogyakarta agar menghasilkan lulusan Delayota yang akan menebarkan manfaat melalui sayap-sayap Pakci yang membumbung tinggi ke seantero negeri. 

~MRJ~