Penelitian Potensi Berprestasi Dunia


Upaya menumbuhkan siswa berprestasi dari generasi ke generasi dilakukan SMA Negeri 8 Yogyakarta melalu berbagai cara dan strategi. Penguatan karakter dan kreativitas menjadi alternatif utama dengan pembekalan pada peseta didik baru di awal memasuki pembelajaran di sekolah. Penyiapan peserta didik untuk menghadapi pembelajar abad 21 diharapkan meimiliki insan kretatif, bekerja sama dengan orang lain, terampil berkomunikasi, berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Keteladanan merupakan salah satu cara untuk menanamkan motivasi kepada peseta didik. Hal ini menjadi cara efektif yang dipilih oleh sekolah dengan memberikan program Delayota Character and Creativity Building kepada peserta didik.

Diantara penyampaian materi dalam DCCB yaitu talkshow yang dipandu oleh Dr.Sri Utari, M.Pd.Si selaku wakasek kurikulum sekaligus Duta Sains P4TK IPA DIY dengan menghadirkan alumni yang sudah mengharumkan nama Delayota bahkan Indonesia. Christopher Farrel Millenio Kusuma, alumni SMA Negeri 8 Yogyakarta tahun 2018 berkat penelitiannberjudul “Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data” membuat perusahaan raksasa IT Google mengundangnya ke markas besarnya di Mountain View, Amerika . Farrel yang awalnya ketika mengajukaa penelitian sempat ditolak di Indonesia. Farrel menjadi employ di Google selama setahun . Saat ini sudah berbisnis bidang penelitian membawai 215 karawan di 5 kota 2 negara di Indonesai dan Singapura. Tersebar di lima kota Yogyakarta, Jakarta, Makasaar dan nantinya Jayapura.

Selain Farrel alumni 2019 dihadirkan yaitu AF Chesa Halim yang awal berprestasi dengan penelitian LKIR Angeline Freshbi Chesa Halim dan Anglila Siddha yang mengembangkan terapi autisme online berbasis kanal YouTube. Keduanya terpilih dan dikirim  ke Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2019 yang diadakan pada di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Banyak cara digunakan untuk mengungkap potensi yang dimiliki siswa, butuh kesempatan dan kemauan. Potensi yang tersembunyi tidak akan tampak sebagai keunggulan yang dimiliki setiap individu. Cara pengungkapan potensi pun ada keunikan tersendiri. Butuh pembiasaan sekaligus pelatihan agar menjadi sebuah kemampuan sebagai lifeskill di masa depan. Hadirnya alumni dalam program DCCB 2020 diharapkan dapat memotivasi adik-adik kelasnya untuk berkarya dalam berbagai bidang di sekolah inspiratif ini. Pantang menyerah dan selalu memiliki kemauan mencoba hal-hal baru serta memanfaatkan kesempatan untuk berkarya.

                                                                         Penulis: Sumarjiono, S.Pd.

                                                                         Guru Bahasa Indonesia

                                                                          SMA Negeri 8 Yogyakarta.