Ragam Seni Kreasi Nyata Siswa Delayota


Bekal seni dibutuhkan siswa sebagai penyeimbang dalam pembelajaran. Seni merupakan sesuatu yang mengarah pada senang, indah, bermakna dan berujung pada kebahagiaan. Hal inilah yang mendasari perlunya pembelajaran seni bagi siswa. Apalagi dalam kurikulum juga masuk mata pelajaran seni budaya. Hadirnya mata pelajaran seni budaya yang berbasis rupa, gerak dan suara. Istilah asingnya visual arts, audio art, audio visual art. Untuk memahami dunia seni perlu konsep dan pendapat ahli.

Setiap siswa memilki potensi yang perlu diolah dan diarahkan sehingga diawal masuk sebagai peserta didik baru perlu mendapat penjelasan tentang seni. Pemanfaatan budi daya rasa untuk menghasilkan karya yang membahagiakan manusia. "Sebuah karya yang diciptakan pribadi yang kreatif dan diwujudkan dalam pengungkapan yg harmonis dan menghasilkan gagasan atau hasrat yang mengharukan," jelas Drs. Suhardi selaku guru Seni Budaya SMA Negeri 8 Yogyakarta saat memberi motivasi siswa mampu berkarya seni yang etis dan estetika dalam Delayota Character and Creativity Building. (27/7)

SMA Negeri 8 Yogyakarta mengakomodasi siswa yang memiliki berbagai talenta termasuk dalam karya seni. Siswa terbuka mengembangkan bakat dan potensinya melalui berbagai fasilitas kegiatan sekolah bernuansa seni seperti pementasan, pagelaran dan pameran seni. Berkarya bukan hanya penyaluran bakat namun memberi manfaat.

~MRJ~