SMA Negeri 8 Siapkan Tutorial Pembelajaran Tatap Muka Terbatas


Masa pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 telah berakhir. Seiring masa pandemi yang belum usai mengisyaratkan sekolah agar menyiapkan pembelajaran dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk semester 2. Ketidakpastian informasi dengan konsep pembelajaran tatap muka terbatas yang diintruksikan pemerintah untuk tahun depan memantik tim produksi Delayota membuat tutorial secara jelas dan mudah dipahami siswa.

Kesiapan tutorial protokol kesehatan untuk siswa melibatkan berbagai komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran di sekolah dari siswa berangkat dari rumah, sampai dan pulang sekolah. "Selain siswa, orang tua siswa yang berperan penting dalam menyiapkan kondisi siswa di rumah sebelum sampai di sekolah," ujar Wahyuni Sinta Utami selaku staf humas. Proses pengambilan video tutorial protokol kesehatan ini akan menjadi media untuk sosialisasi kepada masyarakat agar dipatuhi untuk menjaga kesehatan kita semua, tegasnya.

Secara terpisah, Sugeng Dhani selaku ketua Tim Produksi menjelaskan proses pembuatan video tutorial protokol kesehatan ini. "Sebagian alur kesiapan siswa sudah diambil di rumah salah satu orang tua siswa kemudian protokol kesehatan di sekolah ini melibatkan satpam, guru dan karyawan terkait dengan kedatangan siswa di ukur suhu badan, cuci tangan serta pembiasaan di dalam kelas," papar Dhani. Konsekuensi dari pembelajaran tatap muka terbatas ini maka semua diharapkan memiliki pemahaman sekaligus berkomitmen untuk melaksanakan sesuai protokol yang sudah ditetapkan termasuk kepulangan siswa yang sudah diatur sesuai tata cara new normal, imbuhnya.

Sebelum memasuki pelajaran semester 2 pada bulan Januari 2021 maka video tutorial ini diharapkan sudah selesai untuk disampaikan kepada masyarakat agar menjadi pembiasaan terencana meskipun realisasi pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah masih menunggu kebijakan dari dinas pendidikan pemuda dan olah raga Provinsi DIY maupun pemerintah.

~MRJ~