Sumpah Pemuda “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”


       Seperti yang kita ketahui, tanggal 28 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kita bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Makna Sumpah Pemuda memiliki arti mendalam bagi sejarah bangsa. Isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 ialah ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.

       Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”. Oleh karena itu, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik.

        Semangat dan optimisme juga pernah digelorakan Bung Karno terhadap generasi muda sebagai ujung tombak dan agen perubahan bangsa. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia". Itulah ungkapan spirit Bung Karno bagi orang muda. Bahwa generasi muda adalah kader yang akan memimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Di tangan orang muda, tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

      Sejarah mencatat, bahwa peran orang muda dalam perjalanan bangsa Indonesia sangat banyak. Kaum muda selalu memainkan peran penting, dan revolusioner.  Mereka berkorban dan berjuang dengan semangat yang tidak pernah padam. Sejarah Sumpah Pemuda adalah bukti bahwa generasi muda mempunyai peran penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Mereka yang terlibat dalam Sumpah Pemuda telah memberi kontribusi nyata untuk  bangsa Indonesia. Perjuangan dan semangat para pemuda terdahulu sudah semestinya kita apresiasi

       Dalam memperingati hari Sumpah pemuda, Kita tentunya perlu merefleksi perjuangan para pemuda Indonesia pada masa itu dan membangkitkan semangat kita untuk turut berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Sumpah pemuda telah memberikan pesan secara universal. Sebagai generasi muda kita harus optimistis membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik, dan lebih maju. Semoga momentum sumpah pemuda ini mampu membangkitkan semangat para pemuda saat ini untuk terus berkontribusi dalam menjaga kesatuan dan membangun Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik