Warna-Warni Hari Merdeka di Delayota


Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 ini memunculkan banyak cerita dan kreativitas. Keterbatasan kondisi dalam perayaan yang harus memenuhi protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19 menciptakan berbagai inovasi untuk negeri. Mulai dari menyambut peringatan  hari kemerdekaan yang biasanya semarak dengan lomba-lomba maka untuk tahun ini OSIS pun mengadakan secara virtual lomba-lomba yang bisa diikuti oleh siswa kelas X,XI, dan XII. Begitupun pelaksanaan upacara bendera mengikuti kebijakan dari pemerintah daerah Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta.

"Lomba-lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme, semangat juang, dan semangat kebangsaan di dalam diri siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta, serta menciptakan suasana kebahagiaan dan syukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, meskipun dilaksanakan di tengah masa pandemi Covid-19," jelas Hilma selaku sekretaris 1. Tidak hanya siswa, guru dan karyawan pun turut serta menyemarakan peringatan kemerdekaan ini. "Guru dan karyawan membuat content youtube dengan menyayikan lagu Hari Merdeka dan diunggah pada tangganl 17 Agustus 2020 melalui channel official SMA Negeri 8 Yogyakarta," ungkap Nunik Sri Ritasari, wakil kepala sekolah bidang humas. Untuk pelaksanaan upacara bendera sesuai dengan edaran dari pemprov DIY. "Guru dan karyawan mengikuti upacara secara live streaming dan mengirimkan bukti hadir berupa foto saat pengibaran serta penurunan bendera," ujar Amin Solihah, Kepala Tata Usaha.  

Berbagai kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI dilaksanakan secara virtual namun ada perwakilan sekolah yang mengikuti secara langsung. "Paskibraka Delayota melaksanakan upacara di Balai Pendidikan Kota Yogyakarta", kata Rudy Prakanto, Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta. Momentum peringatan ini semoga menjadikan Bangsa Indonesia semakin maju sesuai tema yang diangkat tahun ini. 

~MRJ~