Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kesiapan PAS Daring


Kemampuan adaptasi guru selaku garda terdepan dalam pembelajaran di sekolah untuk pemanfaatan ilmu dan teknologi terutama penunjang pembelajaran daring menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari lagi selama masa pandemi ini. Bekal penunjang bukan hanya kemampuan dalam operasional teknologi namun dalam pemanfaatan berbagai aplikasi yang mampu mengoptimalkan kemampuan siswa. Penguatan-penguatan kemampuan guru pun  diselenggarakan pihak sekolah dengan berbagai metode termasuk dengan pelatihan-pelatihan atau workshop.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini sangat membutuhkan kecakapan guru dalam skill komunikasi yang optimal. Pembelajaran yang meliputi perencanaan, penyampaian materi, evaluasi dan rekapitulasi hasil serta analisis harus dimiliki setiap guru sebagai bagian layanan pendidikan untuk peserta didik. Selama 2 hari, Kamis-Jumat, 19-20 November guru-guru mengikuti pelatihan di sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

"Guru-guru sudah memiliki kemampuan dalam bidang pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran daring namun perlu kita adakan workshop sebagai bagian optimalisasi pengetahuan dan keterampilan guru maka kegiatan ini sebagai forum untuk sharring ilmiah ilmu-ilmu yang baru dan berkembang saat ini sekaligus untuk persiapan Penilaian Akhir Semester Gasal yang akan dilaksanakan ahir Novermber 2020," jelas Dr. Sri utari, M.Pd,Si selaku wakil kepala sekolah urusan kurikulum dalam pembukaan workshop.  

Kemampuan guru dalam mengemas serta menyampaikan materi-materi dengan daring selama ini menjadi bukti eksistensi penguasaan teknologi dan komunikasi. Pembelajaran daring sebagi solusi pembelajaran karena adanya pandemi telah menjadi pemantik dan pemacu guru untuk membekali diri serta pembiaasan pemanfaatan berbagai aplikasi. "Untuk mendukung program kurikulum dalam Penilaian Akhir Semester Gasal nanti maka guru mendapatkan pelatihan penulisan soal menggunaka program Examview yang telah diujicobakan dalam Penilaian Tengah Semester Gasal beberapa waktu yang lalu," ujar Wahyuni Sinta Utami selaku staf humas dalam pendampingan  workshop hari pertama. Workshop diikuti semua guru. 

 

~MRJ~