Senin, 15-07-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Studi Banding MKKS Muaro Jambi ke Delayota Berbagi Inspirasi dan Motivasi

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Kegiatan studi banding sudah sering dilakukan oleh berbagai instansi. Salah satu kegiatan melalui program kunjungan kerja inti memberikan manfaat sebagai upaya peningkatan kinerja pegawai. Pelaksanaan studi banding melalui pberbagai petimbangan diantaranya kredibilitas instansi yang dikunjungi. Ada pengamatan sekaligus berbagi pengalaman dalam pengelolaan sebuah instansi akan menumbuhkan pemikitran-pemikiran yang memberi kontribusi nyata dibandingkan sekadar mendengar cerita.

SMA Negeri 8 Yogyakarta terbuka memberi kesempatan dari berbagai instansi yang ingin melakukan sudi komparasi. Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Muaro Jambi melaksanakan studi banding ke Delayota, Rabu, 22 mei 2024. Komunikasi yang efektif dan pelaksanaan yang sistematis sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan studi banding ini. Sesuai informasi dari narahubung peserta kunjungan MKKS Muaro Jambi, Karnama, M.Pd. maka penyiapan yang dilakukan dapat sesuai target tujuan kegiatan. Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi turut serta dalam kunjungan sekaligus memaparkan maksud dan tujuan studi banding. Pemaparan pengelolaan sekolah dijelaskan secara maraton oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Yogyakarta, Sri Suyatmi, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dr. Sri Utari, M.Pd.Si dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Slamet Nugroho, S.Pd.

Konsep acara kunjungan ke SMA Negeri 8 Yogyakarta dibuat variatif dan dinamika. Hal ini dijelaskan oleh Staf Humas Delayota, Sumarjiono, S.Pd. “Kita berupaya kegiatan studi banding bukan sekedar kunjungan menerima penjelasan dan selesai namun ada edukasi yang dirasakan bersama sebagai upaya peningkatan layanan kinerja untuk siswa maupun tamu,” jelas Sumarjiono. Diantara upaya menciptakan dinamika dalam acara studi banding ini, peserta diajak dan diarahkan untuk melakukan observasi ke ruang/bidang sesuai yang diharapkan akan menjadi bahan materi dan diskusi saat pemaparan. Konsep ini akan memberi manfaat untuk kedua belah pihak. Pihak pengunjung akan mendapatkan informasi awal sebagai bekal untuk menyimak pemaparan di ruangan sekaligus bahan diskusi dan memberi refleksi untuk sekolah yang dikunjungi. Bagi SMA Negeri 8 Yogyakarta akan semakin termotivasi untuk menyiapkan objek-objek observasi dengan informasi terbaru dan pengondisian ruangan yang representatif serta menumbuhkan karakter leadership bagi narasumber teknis di bidang masing-masing, tambahnya.

Peserta studi banding setelah melakukan observasi dan menerima pemaparan program-program unggulan dari narasumber sekolah memberikan respon yang positif dengan berbagai pertanyaan terkait dengan kebijakan pembiayaan kegiatan siswa, strategi pembelajaran dalam penerapan Kurikulum Merdeka, strategi penyiapan seleksi SNBP dan SNBT serta optimalisasi prestasi siswa dalam bidang akademik/non akademik. Suasana di ruangan pun dibuat interaktif dengan saling memberi inspirasi dipandu oleh pembawa acara yang mengakomodasi kebutuhan peserta. Rangkaian acara ditutup dengan saling memberi kenang-kenangan sebagai tanda persaudaraan mitra kerja, foto bersama serta pemmberian doorprize untuk tamu-tamu yang aktif memberi kontribusi selama diskusi berupa buku-buku karya siswa hasil aksi nyata dalam program literasi.

Dokumentasi Kunjungan MKKS Muaro Jambi 2024 silakan unduh di sini.
https://drive.google.com/drive/folders/1Bz_FkoDuPkdcflRHZl4t_tUoL0PweGYk?usp=sharing

Kontributor : =AJ=
Revisi, kritik dan saran isi tulisan hubungi : 0812 273 5546

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan