Senin, 15-07-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Wisuda Siswa Purna Wiyata Delayota Tebarkan Motivasi Berprestasi

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Kelulusan merupakan peristiwa penting yang dinantikan siswa dan orang tua siswa. Beragam cara digunakan untuk mengapresasi dan merayakan kelulusan siswa diantaranya melalui wisuda. SMA Negeri 8 Yogyakarta pun menyelenggarakan prosesi wisuda siswa purna wiyata tahun ajaran 2023/2024 sekaligus memgapresasi kelulusan 100%. Pelaksanaan wisuda bertempat di Yudhisitira Hall Jogja Expo Center, Sabtu, 25 Mei 2024. Penyelenggaraan wisuda berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 14 Tahun 2023 yang menegaskan bahwa kegiatan wisuda tidak bersifat wajib dan tidak boleh membebani orang tua/wali murid. Meskipun mengacu pedoman tersebut pelaksanaan dirancang mampu memberikan kenangan berkesan yang tak terlupakan bagi siswa maupun orang tua siswa. Penyelenggaraan wisuda mengoptimalkan sumber daya sekolah, guru, karyawan dan siswa melalui kolaborasi penampilan beberapa ekstra kurikuler diantaranya peleton inti, seni tari, paduan suara, karawitan, dan jurnalistik untuk liputan berita kegiatan sekolah. “Terima kasih dukungan yang luar biasa dan kita menjadi tuan rumah pelaksanaan wisuda 2024 ini,” ujar Wahyuni Shinta Utami, S.S, Staf Humas SMA Negeri 8 Yogyakarta selaku ketua panitia wisuda.

Rangkaian prosesi wisuda mulai dari kirab calon wisudawan memasuki ruang wisuda didampingi wali kelas mampu memukau perhatian orang tua siswa yang hadir apalagi didukung para calon wisudawan yang khidmat selama prosesi. Ungkapan syukur dan tepuk tangan kebanggaan dari para orang tua semakin memuncak ketika Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Dr. Sri Utari, M.Pd.Si dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Slamet Nugroho, S.Pd secara berurutan memaparkan capaian prestasi akademik serta non akademik yang berhasil diraih selama belajar di SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Pemaparan prestasi akademik sejumlah 288 siswa yang terdiri dari 252 siswa peminatan IPA dan 36  Siswa peminatan IPS lulus 100%. Prestasi berdasarkan perolehan nilai ijazah dari peminatan IPA nilai tertinggi Andien Ditananda kelas XII MIPA 4 dengan jumlah nilai  8701 dan sudah diterima di Prodi Teknik Kimia UGM. Peringkat kedua Jasmine Allysa  Zahwa dari XII MIPA 1  dengan jumlah nilai 8554 dan sudah diterima di Prodi Kedokteran Umum UGM. Peringkat ketiga Alfito Putra Parindra  XII MIPA 5  dengan jumlah nilai 8550 dan sudah diterima di   Prodi Teknik Elektro UGM. Adapun peminatan IPS Geneveva Safira Pua Maharani dengan jumlah nilai 8540 dan  sudah diterima di prodi psikologi UGM. Peringkat kedua Nararya Wahyu Putri dengan jumlah nilai 8470  dan sudah diterima di Prodi  Akuntansi UGM. Peringkat ketiga Radiva Amalia dengan jumlah nilai 8409  dan sudah diterima di  Prodi Ilmu Komunikasi UGM.

Perolehan prestasi akademik lainya sejumlah 87 siswa telah diterima di PTN dan Perguruan Tinggi Luar Negeri. Rincian 71 siswa diterima melalui jalur SNBP, 14 siswa diterima melalui jalur IUP dan 2 siswa diterima melalui jalur PT LN. Jika dilihat dari Universitas yang menerima, 81 siswa diterima di UGM, 1 siswa di UNS, 1 siswa di ITB, 1 siswa di UI, 1 siswa di Unair. 1 siswa di  Asia Pacific University (APU) Jepang, 1 Siswa di Monash University Australia.  Pemaparan 10 siswa terbaik peraih prestasi non akademik pun dinantikan seluruh hadirin. Para siswa yang berprestasi mendapatkan apresiasi dari sekolah.

Wisuda selain merupakan pengukuhan kelulusan sekaligus momentum penyerahan kembali kepada orang tua siswa. Sri Suyatmi, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta dalam sambutan sekaligus penyerahan siswa merasa bangga dan bersyukur dengan capaian prestasi para siswa. “Bekal ilmu yang telah diperoleh selama belajar di SMA Negeri 8 Yogyakarta semoga dapat bermanfaat dan diamalkan menjadi pemacu prestasi di jenjang pendidikan selanjutnya,” ujar Sri Suyatmi, S.Pd.. Rasa haru dan bangga terungkap pula dari orang tua siswa. “Alhamdulillah….banyak prestasi siswa,” ucap Ikawati salah satu orang tua siswa kelas XII IPS turut bersyukur.

Ketua komite sekolah, Dr. Senawi SNBH, Kepala Balai Pendidikan Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, Maryono, S.Pd. M.Pd. turut memotivasi bahwa SMA Negeri 8 Yogyakarta agar terus mencetak generasi berprestasi dan berharap dapat selalu ditingkatkan dukungan serta bersinergi dengan orang tua siswa. Hadir pula Pengawas Pembina SMA Negeri 8 Yogyakarta, Miftakhodin, M.M. Motivasi untuk wisudawan-wisudawati yang sudah menjadi bagian alumni disampaikan Ketua Ikatan Alumni Pakci (Ikapakci) SMA Negeri 8 Yogyakarta Pramusinto, S.H. M.M menegaskan akan terus menguatkan jejaring alumni dan siap saling membantu antarangkatan untuk kejayaan Delayota.

Kontributor : =AJ=
Revisi, kritik dan saran isi tulisan hubungi : 0812 273 5546

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan