Delayota Kembali Menoreh Prestasi pada Kompetisi Bahasa dan Sastra


Mengawali bulan September, SMAN 8 Yogyakarta Kembali menorehkan prestasi pada Kompetisi Bahasa dan Sastra tingkat kota Yogyakarta. Dalam Kompetisi Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Babak penentuan 5 besar dilaksanakan secara virtual sedangkan babak final diselenggarakan secara offline bertempat di SMAN 5 Yogyakarta  pada tanggal 6-9 September 2021.  

Dalam perlombaan tersebut empat siswi Delayota meraih juara. Empat siswi tersebut antara lain Hilma Aulia meraih Juara 1 pada Lomba Pranata Adicara, Elvira Chandra Dewi meraih Juara 1 lomba Geguritan, Nurul Rafika meraih Juara 2 Lomba Alih Aksara Jawa, dan Ajna Fatimah Atmoko meraih Juara 3 Lomba Alih Aksara Jawa. Para siswa tersebut akan maju mewakili Kota Yogyakarta dalam Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta.

 “Sebagai generasi penerus, sudah sewajarnya kami memahami bahasa di tanah kami sendiri yang tak lain adalah bahasa Jawa, di samping kami juga harus memahami bahasa Indonesia sebagai Bahasa nasional kita” kata Hilma Aulia, Juara I Lomba Pranata Adicara. Mewakili ketiga juara lainnya. Hilma juga berpesan agar kita jangan merasa malu atau takut untuk berkenalan dengan Bahasa Jawa seperti paribahasa Jawa “Witing Tresna, Jalaran Saka Kulina”

                                                                                                                    Kontributor : Dyah Ayu K.S.