Listyo Sigit Prabowo, Alumni SMAN 8 Yogyakarta, Calon Kapolri


Satu lagi alumni Delayota mengabdi kepada negara sebagai calon Kapolri. Beliau adalah Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Pada Rabu (20/1/2021) Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatuhan dan kelayakan atau fit and proper test, oleh Komisi III DPR. Komjen Pol Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Idham Aziz.

Listyo merupakan alumni yang sangat bangga dan peduli terhadap almamater SMA-nya. Hal ini tampak dari setiap dukungan yang diberikan kepada kegiatan sekolah, baik dukungan berupa support, komunikasi, maupun berupa materi. Listyo juga aktif dalam kegiatan alumni yang diwadahi dalam Ikapakci Delayota (Ikatan alumni Pakci SMA Negeri 8 Yogyakarta). Bahkan dalam kesibukannya beliau menyempatkan hadir dalam reuni alumni yang salah satunya diisi dengan pemberian motivasi kepada siswa Delayota.

Selama menjadi siswa Delayota, Listyo dikenal sebagai siswa pendiam yang rajin dan disiplin. Bahkan ketika teman sekelasnya membolos, dia tetap bersikukuh berada di kelas tidak mau ikut-ikutan mambolos. Kerajinannya tampak juga pada presensi kehadiran selama tiga tahun, tidak masuk karena sakit lima hari dan izin dua hari, tidak pernah alpa/tanpa keterangan.

Ketika mengenyam pendidikan di SMAN 8 Yogyakarta Listyo juga dikenal sebagai siswa yang berprestasi baik prestasi akademik maupun nonakademik. Listyo senang bermain musik, khususnya gitar. Selain itu, di bidang olahraga pun calon tunggal Kapolri tersebut mengikuti basket, voli, hingga yudo. Namun, olahraga yudolah yang sempat mengantarkan Listyo meraih kejuaraan tingkat provinsi DIY.

Delayota sebagai institusi tempat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menempuh Pendidikan SMA-nya sangat bangga dan mendukung Listyo menjadi Kapolri. Delayota berharap Listyo Sigit Prabowo dapat lolos menjadi Kapolri untuk melengkapi bidang pengabdian yang dijalani para alumni yang sudah mengabdi di berbagai bidang, sekaligus dapat menginspirasi.

Sesuai dengan semboyan Delayota, semoga prestasi Listyo Sigit Prabowo ini membumbungkan namanya dan nama almamater SMA Negeri 8 Yogyakarta, Tiada Hari Tanpa Prestasi, Terbang Tinggi Bersama Pakci. (SM)