PIGURA DELAYOTA Kajian Songsong Ramadhan 1442 H


Ramadhan sebentar lagi. Hadirnya bulan Ramadhan selalu dinanti meski di tengah masa pandemi. Kondisi Ramadhan tahun lalu masih membayangi umat saat ini, Untuk pembekalan dan menyikapi cara-cara ibadah Ramadhan tahun ini maka diadakan kajian bersama guru dan karyawan SMA Negeri 8 Yogyakarta, Rabu, 7/4. PIGURA Delayota (Pengajian Guru Karyawan SMA Negeri 8 Yogyakarta) merupakan wadah kegiatan bagi umat Islam di sekolah. Setelah sekian waktu tidak bisa melaksanakan pengajian tatap muka selama masa pandemi ini maka awal Ramadhan sebagai momentum yang tepat untuk mengawali kegiatan kajian lagi. "Majelis kajian ini sebagai sarana untuk mempeerat silaturahmi dan thalabul ilmi setalah sekian lama tidak dapat kita laksanakan karena situasi yang tidak memungkinkan akibat masa pandnemi ini," ujar Sri Suyatmi, S,Pd, selaku Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta dalam sambutanya.

Kajian bertempat di Masjid Al Ilmi SMA Negeri 8 Yogyakarta dihadiri guru dan karyawan dengan tetap taat protokol kesehatan. Hadir Ustadz H. Saijan, S,Ag, M.Si memberikan tauziah seputar menyikapi kondisi untuk tetap melaksanakan ibadah Ramadhan, " Ramadhan merupakan kesempatan yang datang untuk umat Islam atas izin Allah SWT, maka selayaknya digunakan untuk beribadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan di lingkungan tempat tinggal masing-masing," kata Saijan. Pada saat nanti berpuasa akan didapatkan 2 kebahagiaan yaitu pada saat berbuka puasa dan nanti ketika berjumpa dengan Allah SWT, imbuhnya. 

Penyampaian materi yang diselingi dengan humor segar membuat guru karyawan antusias menyimak selama kajian. Kesempatan komunikasi yang interaktif pun dimanfaakan jamaah yang hadir untuk bertanya seputar ibadah dan muamallah. "Kajian ini mekipun dilaksanakan dengan tatap muka dalam satu ruangan namun tetap taat prokes diantaranya menjaga jarak tempat duduk dan pertanyaan tidak disampaikan secara langsung namun melalui chat whattsapp yang dikirim kepada pembawa acara dan nanti akan dibacakan," jelas Sugeng Dhanie M,Pd selaku koordinator acara.  Pembawa acara secara pro aktif selalu mengingatkan jamaah yang hadir. "Bapak dan ibu tetap kenakan masker dan jaga jarak, pertanyaan bisa dikirim melalui chat ke nomor saya atau di WAG Teras Dakwah," tegas Suharyanto, S.Ag selaku pembawa acara.

 

Kontributor : Sumarjiono, S.Pd.