Peringatan Hari Pendidikan Nasional “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”


2 Mei merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal ini Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Seperti yang kita ketahui sejarah pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari peran Ki Hajar Dewantara yang kini dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Atas jasanya, melalui surat keputusan presiden tahun 1959 itu, tanggal lahir Ki Hajar Dewantara ditetapkan menjadi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang setiap tahun kita peringati pada tanggal 2 Mei

Namun, Pada tanggal 2 Mei 2021 ini, perayaan Hari Pendidikan Nasional 2021 dilakukan secara sederhana karena kita masih dalam suasana pandemi COVID-19. Pada hari Minggu (2/5/2021) pukul 08.00 WIB dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas secara tatap muka terbatas dengan protokol Kesehatan. Untuk segenap instansi dan satuan pendidikan baik yang ada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan, apabila berada di zona kuning atau hijau. Sementara instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal Youtube Kemendikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengangkat tema “ Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” pada Hardiknas tahun 2021. Kemendikbud mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan tema dan logo tersebut.

Walau tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi esensi atau makna pendidikan harus tetap sama. Pendidikan adalah modal bangsa untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa. Melalui pendidikan akan melahirkan generasi unggul yang siap meneruskan perjuangan leluhurnya.

 

                                                                                                                Kontributor : Dyah Ayu K.S.