Jumat, 03-02-2023
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Webinar Cloud Computing SMA Negeri 8 Yogyakarta Lancar

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

  Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memberikan tantangan baru dalam bidang pendidikan .Pembelajaran daring memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku pendidikan, seperti pendidik, peserta didik dan institusi. Bahkan, Pembelajaran daring juga memberikan tantangan baru bagi para orang tua siswa dalam membimbing dan memonitoring pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dari rumah secara online . Akan tetapi, tantangan tersebut semestinya mampu menjadi pematik optimalisasi dalam pemanfaatan dan inovasi di bidang teknologi dan pengembangan media pembelajaran. Teknologi memegang peranan penting dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun juga ikut berkembang. Saat ini banyak platform yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran seperti seprti e-learing, Google Clasroom, Edmodo, Moodle, Rumah belajar, dan bahkan platform dalam bentuk video conference sudah semakin banyak diantaranya seperti Google meet, Zoom, dan Visco Webex.Akan tetapi, dibutuhkan keterampilan dan keahlian dalam pemanfaatan dan pengoperasian media pembelajaran berbasis teknologi tersebut. Hal tersebut menjadi tantangan baru bagi para pendidik dan peserta didik.

Oleh karena itu, dalam menyikapi situasi tersebut, SMA Negeri 8 Yogyakarta telah melakukan berbagai upaya dalam optimalisasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dalam bentuk pelatihan dan webinar “Cloud Computing”. Pada hari Jumat, 5 Maret 2021, SMA Negeri 8 Yogyakarta bekerja sama dengan Yayasan Sagasitas Indonesia bersama Amazon Web Service Educare telah melaksanakan Webinar Cloud Computing 101. Dalam webinar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI melalui video conference google meet ini,  dijelaskan tentang apa itu Cloud Computing dan perannya dalam kehidupan sehari-hari.

 Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Tujuan dari pelaksanaan webinar ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Sekolah berharap dengan adanya webinar ini, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh semakin dimudahkan. Selain itu juga mampu memotivasi dan mendukung siswa untuk mengembangkan ketrampilan dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi.                                                                                

                                                                                                                                   Penulis : Dyah Ayu K.S.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan