Senin, 15-04-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

ASPD Terlaksana Tanpa Kendala

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah atau ASPD pertama kali dilaksanakan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas. ASPD merupakan salah satu instrumen pengukuran yang digunakan untuk melihat kemampuan akademis peserta didik pada tingkat Akhir jenjang sekolah. Selama ini pelaksanaan ASPD diterapkan untuk jenjang SD dan SMP.

ASPD merupakan sistem pengukuran kemampuan akademik siswa yang dapat dijadikan pemetaan kondisi sekolah. Materi yang diujikan ASPD SMA meliputi Tes Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Matematika, Literasi Sains, Literasi Sosial dan Literasi Bahasa. Pelaksanaan ASPD untuk siswa kelas XII SMA Negeri 8 Yogyakarta berlangsung Senin sampai Kamis, 4-6 Maret 2024 melalui pengaturann 3 sesi setiap harinya. “ASPD terlaksana lancar melalui persiapan, simulasi, koordinasi tim penyelenggara, sosialisasi untuk wali murid dan warga sekolah, siswa pun mengikuti dengan antusias, bersemangat serta kooperatif” jelas Dr. Sri Utari, M.Pd.Si selaku wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Ada satu siswa yang tidak hadir pada hari ketiga karena sakit, imbuhnya.

Siswa selama mengikuti ASPD dalam pantauan dan motivasi wali kelas yang menjalin komunikasi dengan orang tua siswa. ASPD untuk jenjang SMA memberikan pengalaman belajar yang baru bagi mereka. “Materi Literasi Sains cukup menantang,” ungkap Aditya Riani siswa kelas XII MIPA 1 usai mengikuti ASPD hari terakhir dan bersiap mau refresh bersama teman-teman sekelasnya. “Persiapkan dengan belajar ASPD pasti lancar…,” pesanya sambil tertawa lega.

Kontributor: =AJ=

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan