Kamis, 30-05-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Hari Pendidikan Pemantik Semangat Majukan Pembelajaran

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Kedatangan bulan Mei identik dengan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasioanal setiap 2 Mei menjadi salah satu cara menumbuhkan semangat untuk meningkatkan layanan pembelajaran. Sekolah-sekolah mengadakan upacara bendera sebagai upaya menumbuhkan karakter patriotisme sekaligus mengingat kembali filosofis pendidikan yang pernah digelorakan oleh tokoh-tokoh pendidikan masa lampau.

Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” kutipan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesaia, Nadiem Anwar Makariem dalam peringatan Hari Pendidikan Nasioanal 2024 mengisyaratkan pada kita bahwa pendidikan harus terus bergerak menciptakan dinamika dan berinovasi secara keilmuan.

Pernyataan itu sekaligus meneguhkan peran guru sebagai pendidik agar memberikan inspirasi dan pemantik positif untuk memajukan pendidikan. Filosofi Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Inga Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” tak lekang oleh zaman ketika diterapkan saat ini. Relevansi filosofis itu menempatkan guru bisa membawa angin segar perubahan dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam pendidikan merupakan posisi strategis untuk menjadai agen perubahan zaman menjadi lebih baik di masa depan. Keberadaan sekolah penggerak, guru penggerak, komunitas belajar merupakan sarana untuk mencapai layanan pembelajaran yang berpusat pada murid, memberi kesempatan murid berkembang sesuai zamanya. Hari pendidikan menjadi pemantik perubahan yang akan berdampak positif pada semangat untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaan dari waktu ke waktu. Upacara hari pendidikan sarana menumbuhkan semangat kebersamaan antara guru, tenaga kependidikan dan murid dalam sebuah euforia menyukseskan transformasi pendidikan.

Kontributor : =AJ=

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan