Senin, 15-07-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Delayota Buka-Bukaan Pengelolaan P5 dan Pilihan Mapel untuk SMA Negeri 9 Banjarmasin

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Implementasi kurikulum Merdeka menjadi topik pembahasan ilmiah dalam pengelolaan pembelajaran di dunia pendidikan. Sekolah memiliki persepsi yang diterapkan pada proses pembelajaran untuk peserta didik. Peran pengelola satuan pendidikan saat menentukan keberhasilan penerapan kurikulum Merdeka ini. Kekhasan yang diusung kurikulum Merdeka diantaranya dalam pemilihan mata pelajaran dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hal inilah yang memotivasi pengelola satuan pendidikan SMA Negeri 9 Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan studi banding ke SMA negeri 8 Yogyakarta, Rabu, (19/6).

Khairul Saleh, S.Pd, Kepala SMA Negeri 9 Banjarmasin, Kalimantan Selatan pun rela menyeberang lautan melakukan kunjungan ke SMA Negeri 8 Yogyakarta demi menambah pengetahuan dan wawasan untuk memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi peserta didik. “Hari ini kami berada di sini setelah dari seberang lautan mendengar keunggulan SMA Negeri 8 Yogyakarta dalam membekali peserta didik mampu berprestasi dan meraih predikat peringkat 1 di DIY dan peringkat 11 Nasional untuk nilai UTBK serta meloloskan alumninya masuk perguruan tinggi negeri dengan persentase besar,” ujar Khairul Saleh dalam sambutan menyampaikan tujuan kunjungan di awal pertemuan. Saya bersama 45 orang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan ingin mengetahui lebih banyak lagi terkait strategi dalam pemilihan mata pelajaran dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), tuturnya.

Sambutan hangat Kepala SMA negeri 8 Yogyakarta, Sri Suyatmi, S.Pd menjadikan suasana akrab pertemuan tanpa mengurangi pemaparan materi esensial yang diharapkan dari peserta kunjungan. Bahkan diskusi interaktif di sela-sela pemaparan materi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Dr. Sri Utari, M.Pd.Si dan Koordinator P5, Dina Rustiningsih, M.Pd menjadikan peserta merasa nyaman untuk mendapatkan pengetahuan. Peserta antusias mengikuti pertemuan yang dikemas efektif dalam waktu hampir 3 jam. Pertanyaan dan sharing pengalaman dalam pengelolaan pembelajaran pun tersampaikan dari kedua belah pihak. Usai pertemuan di ruangan, peserta berkeliling untuk observasi lingkungan sekolah dan berinteraksi dengan siswa yang sedang menyiapkan panen karya dalam rangkaian pameran P5.

Dokumentasi Kunjungan SMA Negeri 9 Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Silakan unduh di sini.
https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1SUqA6qSu8aRujCwMxiUE2NvukW5oe1Do

Kontributor : =AJ=
Revisi, kritik dan saran tulisan hubungi 0812 273 5546

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan