Kamis, 29-02-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Pelajar Belanda Belajar Bahasa Indonesia Melalui Media Budaya di SMA Negeri 8 Yogyakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita

SMA Negeri 8 Yogyakarta menerima kunjungan pelajar Belanda. Pelajar dari Stedelijk College of Eindhoven The Hetherlands Belanda sebanyak 26 siswa bersama dengan siswa-siswi SMAN 8 Yogyakarta yang mendampingi melakukan kegiatan bersama. Kegiatan tidak hanya berada di lingkungan sekolah namun mengenalkan beberapa lokasi yang memiliki kekhasan dan panorama keindahan.

Kedatangan siswa-siswi Belanda di SMA Negeri 8 Yogyakarta memberikan nuansa berbeda. Para siswa berinteraksi dengan siswa lainnya. Mereka semangat mengikuti berbagai kegiatan sekolah. Pada hari Senin, pertama kedatangan di sekolah mengikuti upacara bendera. Nunik Sri Ritasari, S.Pd. selaku humas mengatakan bahwa kegiatan pertukaran pelajar sudah sering dilakukan. “Sebelum pandemi student exchange ini sudah dilaksanakan menjalin kerja sama dengan agency, bulan Mei nanti siswa Delayota akan kunjungan ke Belanda,” ujar Nunik.

Peserta student exchange menerima materi bahasa Indonesia dalam bentuk pengenalan kosa kata yang berkaitan dengan sapaan sehari-hari. Guru Bahasa Indonesia, Sumarjiono, S.Pd, menyampaikan materi kebahasaan menggunakan media budaya berupa wayang, permainan tradisional yang sedang viral serta dimeriahkan dengan mascot delayota berupa boneka burung yang disebut Cello. Peserta antusias mengikuti materi pengenalan bahasa Indonesia dan semangat praktik menuturkan sapaan seperti, selamat pagi, terima kasih, minta tolong. Siswa dari Belanda memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia.

Guru pendamping dari Belanda Mr. Marc melalui chat whatsapp menyatakan senang dengan pembelajaran di SMA Negeri 8 Yogyakarta. “Realy a great lesson! Thanks. And nice to meet you. Greetings Marc,” ujarnya.

Siswa mengikuti aktivitas hari-hari berikutnya berupa kunjungan ke panti asuhan, pusat belanja Malioboro, Kasongan belajar membuat gerabah, Goa Pindul dan naik mobil jeep di sekitar lereng gunung Merapi. Rangkaian kegiatan ditutup oleh Sri Suyatmi, S.Pd, Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta pada Jumat, 10 Februari 2023 dalam acara makan malam bersama, keakraban, permainan, penampilan seni di aula sekolah yang dihadiri juga oleh orang tua siswa yang selama ini menjadi tempat tinggal siswa Belanda. [Mr.Marj]

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan