Kamis, 29-02-2024
  • Selamat Datang Di SMAN 8 Yogyakarta, The Inspiring School Of Jogja

Inspirasi Pembelajaran Lesson Study

Diterbitkan : - Kategori : Tak Berkategori

Belajar interaktif dan menyenangkan menjadi harapan siswa dan guru. Perkembangan zaman menuntut adanya perubahan model pembelajaran. Beberapa kali terjadi perubahan model pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan siswa dan guru. Pembelajaran-pembelajaran konvensional saat ini mulai ditinggalkan. Perlu inovasi dan dinamika dari guru maupun siswa agar terjalin sebuah proses belajar mengajar yang menarik. Dulu kecenderungan metode pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) namun saat ini berpusat pada siswa (student center). Saat ini muncul pembelajaran lesson study.

Lesson study merupakan strategi pembinaan profesi guru berkelanjutan berbasis kelas & kolaboratif untuk mengoptimalkan layanan siswa belajar. Lesson study dapat dimaknai pula sebagai belajar dari proses pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih praktis dan efektif. Lesson study bermanfaat untuk mengembangkan model pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, dan mengembangkan evaluasi pembelajaran.

Proses pembelajaran dalam lesson study melibatkan 3 (tiga) komponen dan proses belajar serta 1 (satu) bentuk intervensi bantuan belajar. Yang menjadi indikator keberhasilan lesson study adalah efektifitas proses belajar peserta didik (Didaktis). 3 (tiga) komponen yang terlibat dalam lesson study yaitu guru model, observer, dan peserta didik. 

Beberapa waktu yang lalu SMA Negeri 8 Yogyakarta mendapat kesempatan sosialisasi pembelajaran lesson study. “Pembelajaran hari ini diakses oleh guru-guru sampai wilayah Sumatera dan Kalimantan,” jelas Suyanto, S.Pd guru Matematika usai praktik pembelajaran lesson study. Melalui pembelajaran ini guru-guru dapat mengamati dan memberi saran perbaikan sehingga menjadi diskusi ilmiah. Kegiatan pembelajaran lesson study di laksanakan di ruang perpustakaan. “Selain inspirasi metode belajar, kegiatan pembelajaran di perpustakaan ini sekaligus menjadi inovasi dan pemantik perpustakaan dapat mengembangkan potensi serta kontribusi proses belajar,” jelas Vinta Anggraini, pustaka perpustakaan Delayota. [3302023_Mr.Marj]

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan