Buku Ramadhan Pantauan Ibadah Siswa


Bulan Ramadhan 1442 H telah datang. Umat Islam menyambutnya dengan menyiapkan berbagai aktivitas ibadah  sesuai tuntunan. Kesempatan bagi setiap mukmin untuk beribadah sebagai wujud ketaatan pada perintah Allah SWT dan meneladani Nabi Muhammad SAW. Kondisi pandemi ini berpengaruh pada pembiasaan dalam rangkaian ibadah Ramadhan.  Umat Islam yang berada di wilayah zona hijau penyebaran virus Covid 19 tetap melaksanakan ibadah di masjid dan mushola dengan protokol kesehatan sedangkan sebagian melaksanakan ibadah di rumah.

Kegiatan pembelajaran selama Ramadhan pun mengalami penyesuaian. Durasi pembelajaran jarak jauh mengalami perubahan dengan tujuan memberi kesempatan peserta didik bisa mengoptimalkan ibadah. Sekolah melalui bidang kerohanian Islam pun berupaya memotivasi dan memfasiltasi aktivitas ibadah peserta didik. Salah satu upaya untuk memotivasi siswa beribadah melalui pantauan buku Ramadhan yang disikan secara online. 

Suharyanto, S.Ag. selaku pengampu mata pelajaran Agama Islam menjelaskan hadirnya Buku Ramadhan. "Terkait dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H, kami dari Guru Pengampu Pendidikan Agama Islam akan memantau kegiatan keagamaan selama Bulan Ramadhan 1442 melalui BUKU RAMADHAN,"  jelas Suharyanto melalui chat whattsapp. Upaya pemantauan kegiatan ibadah ini pun diikuti dengan teknis pengisian yang mencerminkan kondisi peserta didik. Peserta didik harus mengisi setiap hari dan tidak bisa dirapel pada hari berikutnya melalui link akan dibuka mulai pukul 8.00 sampai 23.55  WIB, portal akan tertutup secara otomatis, tandasnya.

Kegiatan ibadah Ramadhan peserta didik selama masa pandemi sangat membutuhkan kerja sama dan peran orang tua di rumah. Kepedulian orang tua di rumah untuk mengingatkan putera-puterinya diharapkan mampu meningkatkan kualitas ibadah para peserta didik. Bulan Ramadhan sekaligus akan dapat menjadi momentum tarbiyah/pendidikan untuk menciptakan generasi yang memiliki kecerdasan intelektual dan karakter yang religius. Semoga tujuan akhir dari ibadah Ramadhan ini untuk menjadikan umat Islam yang bertakwa kepada Allah SWT dapat diwujudkan bersama. Aamiin... 

 

Kontributor : Sumarjiono, S.Pd.